You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
elebihan Kapasitas, Penghuni PSBL II Kerap Ngamuk
Panti Sosial Bina Laras II, di Jl Binamarga, Ceger, Cipayung, Jakarta Timur, kelebihan kapasitas. Panti yang dihuni penderita psikotik ini sebenarnya hanya memiliki daya tampung 300 orang, namun kini dihuni 638 orang. .
photo Nurito - Beritajakarta.id

Panti Sosial Cipayung Kelebihan Kapasitas

Panti Sosial Bina Laras II, di Jl Binamarga, Ceger, Cipayung, Jakarta Timur, kelebihan kapasitas. Panti yang dihuni penderita psikotik ini sebenarnya hanya memiliki daya tampung 300 orang, namun kini dihuni 638 orang.

Setiap kamar hanya menampung 20 orang, namun kini diisi 80 orang. Hal ini berdampak kepada pelayanan kami terhadap seluruh warga binaan sosial

Kepala PSBL II, Andi Muchdar mengatakan, kelebihan daya tampung ini sudah terjadi sejak setahun lalu. Rata-rata setiap hari panti ini menerima 3-4 orang psikotik atau gangguan jiwa yang berasal dari berbagai wilayah di Ibu Kota.

“Setiap kamar hanya dapat menampung 20 orang, namun kini diisi 80 orang. Hal ini berdampak kepada pelayanan kami terhadap seluruh warga binaan sosial (WBS),” ujar Andi, Kamis (22/5).

Pasien Gangguan Jiwa Kantongi Rp 19 Juta Bikin Geger PSBL

Menurutnya, pelayanan yang pasti terganggu antara lain, dalam pemberian makanan, memandikan, dan pelayanan kesehatan terhadap penghuni panti. “Yang paling rawan adalah dalam hal penyajian makanan. Telat memberi makan sedikit saja, penghuni panti bisa mengamuk dan merusak fasilitas yang ada,” kata Andi.

Jumlah petugas di panti ini sebanyak 36 orang. Dari jumlah ini, 9 di antaranya bertugas khusus di dapur. Kemudian ada yang piket malam sebanyak enam orang, bekerja mulai dari pukul 20.00 – 06.00. Selebihnya, petugas yang berjaga di barak.

Andi menambahkan, seluruh warga binaan yang tinggal di PSBL II, tidak ada batasan waktunya. Sebab, tergantung dari kondisi kejiwaan WBS yang bersangkutan. Semakin lama sembuh, maka akan semakin lama pula mereka tinggal di panti.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1219 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1109 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1045 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye893 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye809 personAldi Geri Lumban Tobing